Laman

Selasa, 25 Januari 2011

Berapa Kali Presiden Keluhkan Soal Gaji?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa tujuh tahun gaji Presiden Indonesia belum pernah naik memicu debat publik. Namun, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menanggapi positif perdebatan tersebut.

Menurut Menkeu, sejatinya usulan kenaikan gaji pejabat negara, termasuk presiden dan wakil presiden sudah diajukan sejak tiga tahun lalu. Namun, hingga saat ini belum pernah ada persetujuan karena masalah kenaikan gaji tersebut sangat kompleks.

Presiden SBY juga bukan kali ini saja menyinggung soal gaji pemimpin negara yang tidak pernah naik-naik. Presiden malah pernah menyebutkan satu hal yang langka jika sampai lima tahun tak naik gaji. Namun, setiap Presiden menyampaikan soal gaji yang tidak pernah naik, kritik dan protes selalu mengemuka.

Berikut ini rangkuman setidaknya empat kali, Presiden dua periode ini terekam mengeluhkan soal gaji yang tidak pernah naik di hadapan publik.

3 April 2009
Di acara silaturahmi dengan 4.500 guru peserta program 'Untukmu Guruku 2009' yang digelar harian Jawa Pos, Presiden SBY mengungkapkan hingga tahun kelima gaji saya tidak pernah naik. "Yang penting, yang lain naik dulu. Orang seperti saya nanti saja, kalau semuanya sudah meningkat."

27 Oktober 2009

Di Istana Negara, Jakarta, juru bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal mengutip Presiden SBY menegaskan selama lima tahun terakhir tidak ada kenaikan gaji Presiden, Wapres dan Menteri. "Ini satu hal yang langka dalam tata kelola pemerintahaan kalau diukur secara internasional."

23 September 2010

Di acara Indonesia Bussiness-BUMN Expo and Conference di JCC, Jakarta, Presiden menyinggung soal gaji eksekutif BUMN yang rata-rata jauh di atas gaji Presiden. "Tidak apa-apa. Yang penting kinerjanya baik. Jangan sampai ada yang gajinya 10 kali lipat gaji Presiden, namun tidak lebih sregep (rajin)," kata Presiden.

21 Januari 2011
Di acara pengarahan dan pembekalan dalam Rapim TNI dan Polri di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Presiden mengaku telah memenuhi janji pemerintah untuk menaikkan gaji anggota TNI dan polisi. Saat itu, Presiden juga menyampaikan bahwa 2011 adalah tahun ketujuh gajinya tidak mengalami kenaikan. "Betul. Tapi, memang saya niati. Saya ingin semua mendapat kenaikan yang layak, tepat dan adil."
(umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segera laporkan kepada kami jika ada komentar yang menyimpang seperti;
Spam/promosi berlebihan, Kata/Kalimat Kasar, P0rnografi, SARA, Kebencian, Memaki komentator lain, atau komentar tidak berkenan lainnya. klik disini untuk melaporkan kepada moderator