Laman

Kamis, 06 Januari 2011

Poster Tatapan Mata Bikin Kelakuan Menjadi Lebih Baik

Taukahkamu, kelakuan seseorang berubah menjadi lebih baik secara dramatis, setelah tahu sebuah tatapan mata melihat ke arahnya. Bahkan jika tatapan mata tersebut, hanya sebuah gambar atau poster.
Hal ini berdasarkan hasil eksperimen Universitas Newcastle. Dengan menggantungkan dua poster berbeda pada sebuah kafe, sebuah tatapan bisa bikin kelakukan seseorang jadi lebih baik.
Responden diperlihatkan poster bergambar bunga, dan poster lainnya, bergambar sepasang tatapan mata, yang keduanya meminta pelanggan untuk membersihkan meja sebelum pergi.
Hasilnya, mereka yang memerhatikan poster bergambar tatapan mata, memiliki kesadaran lebih tinggi untuk membersihkan mejanya, dibandingkan mereka yang memerhatikan poster bunga. Kebanyakan orang lebih kooperatif dan berkelakuan baik dengan kehadiran sebuah tatapan mata.
“Kami peduli terhadap apa yang orang katakan tentang kami, dan kami merasa lebih beradab setelah sadar kami sedang diawasi,” kata Dr Bateson, pemimpin eksperimen tersebut yang dilansir Genius Beauty, Rabu (5/1/2011).
Dampak lain dari poster tatapan mata pada kafe tersebut ternyata lebih kuat. Kini, ada begitu banyak poster tatapan mata di seluruh bagian ruangan Universitas Newcastle yang mengingatkan mahasiswa untuk disertasi mereka.
• Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segera laporkan kepada kami jika ada komentar yang menyimpang seperti;
Spam/promosi berlebihan, Kata/Kalimat Kasar, P0rnografi, SARA, Kebencian, Memaki komentator lain, atau komentar tidak berkenan lainnya. klik disini untuk melaporkan kepada moderator