Laman

Jumat, 17 Desember 2010

Naturalisasi Kim Kurniawan Dipercepat


IST
Kim Jeffrey Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.com Menyusul suksesnya timnas Indonesia yang diperkuat Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengatakan bahwa proses naturalisasi calon pemain tim nasional RI, Kim Kurniawan, akan dipercepat. Kim Kurniawan adalah satu dari dua calon pemain naturalisasi.
"Staf saya dari PSSI dan Kim sedang melengkapinya. Dokumennya sedang diproses. Kementerian Hukum dan HAM sudah menjawab, ada beberapa yang perlu dilengkapi lagi. Maka, kami coba segera lengkapi," kata Andi kepada wartawan sebelum mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (17/12/2010).
Andi mengatakan, UU tentang Kewarganegaraan memungkinkan adanya proses percepatan naturalisasi, sepanjang yang bersangkutan dipandang berguna bagi nusa dan bangsa.
"Bagi saya, yang namanya olahragawan adalah orang yang membela Merah-Putih, dan wajar bila ada prosedur-prosedur yang dipercepat prosesnya," kata Andi.
Ditekankan, para pemain yang akan dinaturalisasi telah setuju untuk melepaskan status kewarganegaraan sebelumnya. Politikus Partai Demokrat ini mencontohkan, Cristian Gonzales, pemain naturalisasi, yang telah melepaskan status kewarganegaraan Uruguay.
"RI tidak bisa dimadu, jadi harus satu kewarganegaraan saja," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segera laporkan kepada kami jika ada komentar yang menyimpang seperti;
Spam/promosi berlebihan, Kata/Kalimat Kasar, P0rnografi, SARA, Kebencian, Memaki komentator lain, atau komentar tidak berkenan lainnya. klik disini untuk melaporkan kepada moderator